Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli - 10 Definisi

Info Terbaru - Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli - 10 Definisi Bangsa Menurut Para Pakar - Pengertian bangsa seperti yang Admin kutip dari wikipedia Bangsa yaitu suatu kelompok manusia yang dianggap mempunyai identitas bersama, serta memiliki kesamaan pada agama, bahasa, budaya, ideologi dan juga histori. Kelompok ini dianggap mempunyai kesamaan asal-usul keturunannya.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli, Bangsa terbentuk dari suatu masyarakat yang tinggal di suatu tempat. Inilah sebabnya setiap orang yang ada merupakan bagian dari suatu bangsa yang Ada. Para Ahli memberikan definisi bangsa yang beragam, dalam daftar dibawah ini merupakan pengertian bangsa menurut 10 Ahli. Admin kutip dari berbagai sumber Internet dan juga Buku. Seperti yang kita ketahui bahwa pendapat seorang ahli tidak untuk diubah karena ini merupakan kebebasan berpendapat untuk setiap orang.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli - 10 Definisi

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli - 10 Definisi


1.) Menurut Ernest Renan
Pengertian bangsa dikemukakan pertama kali oleh Ernest Renan pada tahun 1882, yang dimaksud dengan bangsa adalah jiwa, suatu asas kerohanian yang timbul dari :
  1. kemuliaan bersama di waktu lampau, yang merupakan aspek histories;
  2. keinginan untuk hidup bersama (le desir de vivre ensemble) di waktu sekarang yang merupakan aspek solidaritas, dalam bentuk dan besarnya tetap mempergunakan warisan masa lampau, baik untuk kini dan yang akan datang.
2.) Menurut Otto Bauer
Ilmuwan dari Jerman ini berpendapat bahwa pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter atau sifat, karena adanya persamaan nasib.

3.) Menurut Rudolf Kjellen
Rudolf Kjellen membuat suatu analogi/membandingkan bangsa dengan suatu organisme biotis dan menyamakan jiwa bangsa dengan nafsu hidup dari organisme termaksud. Suatu bangsa mempunyai dorongan kehendak untuk hidup, mempertahankan dirinya dan kehendak untuk berkuasa.

4.) Menurut Hans Kohn
Ilmuwan dari Jerman ini berpendapat bahwa bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.

5.) Menurut Benedict Anderson
Bangsa adlah suatu komunitas politik yang terbayang dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat. Jadi ada tiga unsur pokok bangsa yaitu komunitas politik yang terbayang, batas wilayah jelas, dan berdaulat.

6.) Menurut Guibernau
Bangsa adalah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu: psikologi (sekelompok manusia yang memiliki kesadaran bersama untuk membentuk satu kesatuan masyarakat – adanya kehendak untuk hidup bersama), kebudayaan (merasa menjadi satu bagian dari suatu kebudayaan bersama), teritorial (batas wilayah atau tanah air), sejarah dan masa depan (merasa memiliki sejarah dan perjuangan masa depan yang sama), dan politik (memiliki hak untuk menjalankan pemerintahan sendiri)

7.) Menurut Jalobsen dan Lipman,
Bangsa adalah suatu kebudayaan ( cultural unity ) dan kesatuan politik ( political unity ).

8.) Menurut Rawink
Bangsa adalah sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Dengan batas teritori tertentu dan terletak dalam geografis tertentu.

9.) Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo atau Tuan Munandar
Ki Bagoes Hadikoesoemo atau Tuan Munandar lebih menekankan pengertian bangsa pada persatuan antara orang dan tempat

10.) Menurut F.Ratzel
Seorang ahli ini berpendapat tentang bangsa bahwa sebuah bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat atau keinginan tersebut muncul karena adanya perasaan kesatuan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

Sekian artikel yang berjudul pengertian bangsa menurut para ahli - 10 definisi bangsa menurut para pakar ahli.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli - 10 Definisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin