Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Cara Melihat NISN Siswa SD SMP SMA Online

Cara Melihat NISN Siswa SD SMP SMA Online - Info Terbaru - Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa juga disebut dengan NISN merupakan kode unik yang diberikan kepada setiap siswa sekolah yang berguna dalam menjalankan pengelolaan data siswa di tingkat nasional. Bagi Anda siswa siswi SD, SMP, ataupun SMA yang belum mengathui NISN bisa menggunakan situs yang telah disediakan oleh Pusat Data dan Statistik ini.

Dengan adanya NISN maka setiap siswa akan diberikan kode pengenal identitas yang unik, kode ini berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya yang ada di Indonesia dan juga berlaku sepanjang masa.
Kali ini info terbaru akan memberikan informasi seputar cara melihat NISN Siswa Secara SD SMP SMA Online :

Cara Melihat NISN Siswa SD SMP SMA Online

Apa sih tujuan dari NISN dan juga manfaatnya?
  1. Dengan adanya NISN setiap individu siswa yang ada di sekolah seluruh Indonesia dapat di identifikasi secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Beberapa pertanyaan yang mungkin dialami siswa siswi SD, SMP dan SMA saat mencari NISN, informasi ini bersumber dari http://nisn.data.kemdiknas.go.id :

Saya belum mempunyai NISN, bagaimana langkah agar berolehnya ?
  1. Disarankan terlebih dulu untuk melaksanakan jalan keluar yaitu dengan mengecek NISN siswa terlebih dahulu.
  2. Bila siswa tidak ditemukan, silahkan download ( unduh ) formulir peserta didik ( f-pd ) serta formulir A. 1 mengajukan nomer induk siswa nasional ( nisn ) baru Pada website nisn http ://nisn.data.kemdiknas.go.id melewati menu formulir mengajukan
  3. Mencetak formulir-formulir tersebut
  4. Isi formulir-formulir tersebut dengan manual
  5. Menyerahkan pada operator nisn/npsn sekolah di mana siswa berasal
  6. Untuk pihak sekolah bisa mengirim formulir A. 1. tersebut ke pdsp melewati e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.
Bagaimana langkahnya melakukan perbaikan biodata NISN ? dikarenakan yang tercantum tidak cocok dengan akta kelahiran ?
  1. Silahkan download ( unduh ) formulir a. 3. mengajukan perbaikan biodata siswa di website nisn http://nisn.data.kemdiknas.go.id pada menu formulir mengajukan
  2. Mencetak formulir tersebut
  3. Isi formulir tersebut dengan manual
  4. Menyerahkan pada operator tingkat sekolah di mana nisn tersebut di terbitkan
  5. Untuk sekolah, bisa kirim formulir yang telah diperbaiki tersebut ke pdsp melewati e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id.
Di sekolah saya yang saat ini ditanyakan NISN. walau sebenarnya pada waktu lulus dari sekolah pada mulanya tidak dibekali NISN ?
  • Disarankan terlebih dulu untuk melaksanakan jalan keluar dengan mengecek secara online NISN
  • Bila tidak ditemukan, silahkan download ( unduh ) formulir peserta didik ( f-pd ) serta formulir A. 1. mengajukan nomer induk siswa nasional ( nisn ) baru pada website nisn http://nisn.data.kemdiknas.go.id melewati menu formulir mengajukan
  • Mencetak formulir-formulir tersebut
  • Isi formulir-formulir tersebut dengan manual
  • Menyerahkan pada operator NISN/NPSN sekolah asal.
  • Untuk pihak sekolah bisa mengirim formulir A. 1. tersebut ke pdsp melewati e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.
Kartu NISN saya hilang, datanya juga ada yang salah, bagaimana ini ?
  1. Bila berlangsung kekeliruan, rusaknya atau kehilangan kartu NISN, silahkan dilaporkan ke operator NISN/NPSN sekolah di mana NISN tersebut diterbitkan.
Bagaimana bila ada 1 orang siswa mempunyai 2 ( dua ) NISN ? NISN yang mana yang di dipakai ?
  1. NISN yang dipakai yaitu NISN yang telah dipakai sebagai alat administrasi serta validasi oleh siswa di sekolahnya. bila tidak, NISN yang dipakai yaitu nisn yang sangat kecil kodenya. untuk NISN yang tidak dipakai mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus. 
Cara Melihat NISN Siswa Siswi SD, SMP, SMA Secara Online disini

Cara Melihat NISN Siswa SD SMP SMA Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin