Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris - Dalam menulis surat formal menggunakan bahasa Inggris tentunya tidak sembarangan. Karena surat formal merupakan surat yang digunakan untuk keperluan resmi sehingga penulisan surat formal haruslah teratur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam bahasa Inggris tentunya ada perbedaan dalam menulis surat resmi dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Namun perbedaan tersebut hanyalah sebagian kecil saja.

Bagaimana format surat formal dalam bahasa Inggris? Dibawah ini merupakan contoh format nya :

Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris  
Bagaimana aturan dalam menulis surat formal yang baik dan benar?
Dalam bahasa Inggris ada beberapa aturan dalam menulis surat formal diantaranya sebagai berikut :

Tips dan Cara Menulis Surat Formal Bahasa Inggris

  1. Menuliskan Alamat Anda
    1. Penulisan alamat Anda diletakan pada agian atas kanan bagian surat.
  2. Alamat Orang yang akan dituju
    1. Tulis alamat Orang yang akan dikirim surat pada bagian kiri.
  3. Penulisan tanggal.
    1. Dalam meletakan penulisan tanggal surat ada perbedaan pada setiap orang, Anda bisa menulis pada bagian kiri ataupun kanan pada baris sesudah alamat. Tulislah bulan dalam bentuk huruf.
  4. Salam Pembuka (Salutation or greeting)
    1. 1. Dear Mr. Juckmin
      1. Jika Anda tahu namanya, gunakan Mr, Mrs, Miss, or Ms, Dr, dan lain-lain. dan gunakan hanya nama asli. Jika Anda menulis untuk seorang wanita dan Anda tidak tahu namanya maka Anda dapat menggunakan Mrs or Miss, dan dapat juga menggunakan kata Ms, yang bisa ditunjukan untuk yang belum menikah ataupun yang sudah menikah.
    1. 2. Dear Sir or Madam
      1. Jika Anda tidak tahu nama orang yang akan dikirimi surat maka gunakan ini.
  5. Salam Penutup (ending a letter)
    1. 1. Your Sincerely
      1. Gunakan jika Anda mengetahui siapa orang yang Anda kirimi surat.
    1. 2. Your faithfully
      1. Jika Anda tidak tahu nama seseorang yang Anda kirimi surat gunakan salam penutup ini.
    1. 3. Your Signature
      1. Tanda nama Anda.
Isi dari Surat Formal dalam Bahasa Inggris
  1. Pada Paragraf pertama haruslah pendek dan menunjukan tujuan dari surat apakah itu untuk komplain, meminta sesuatu, penyelidikan dan lain-lain.
  2. Pada paragraf tengah dari surat haruslah menyertakan informasi yang relevan. Kebanyakan surat dalam bahasa inggris tidaklah terlalu panjang, jadi sampaikan informasi penting dan berkonsentrasi pada tujuan surat secara jelas daripada menulis dengan panjang lebar.
  3. Pada paragraf terakhir dari sebuah surat formal haruslah menuliskan keadaan yang Anda harapkan dari penerima surat.
Dibawah ini merupakan singkatan (Abbreviations) yang digunakan dalam menulis surat formal bahasa Inggris :
  1. asap = as soon as possible
  2. cc = carbon copy (ketika mengirim surat tidak hanya untuk satu orang maka gunakan singkatan ini agar mereka semua mengetahui.)
  3. enc. = enclosure (ketika Anda melampirkan kertas lainnya pada surat Anda)
  4. pp = per procurationem
  5. ps = postscript
  6. pto (informal) = please turn over
  7. RSVP = please reply
Ternyata dalam menulis surat menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk formal tidaklah sulit, cukup dengan mengikuti aturan seperti diatas maka surat formal bisa dibuat dengan mudah Anda bisa melihat contohnya disini. Acuannya bisa dengan menggunakan format penulisan surat formal seperti pada gambar diatas. Semoga bermanfaat dan selamat belajar menulis surat formal.

Cara Menulis Surat Formal Dalam Bahasa Inggris Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin