Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Sistematika Penulisan Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana

Sistematika Penulisan Proposal Penelitian - Dalam merencanakan dan juga membuat suatu usulan kegiatan yang akan dikerjakan atau dilaksanakan, tentu harus memiliki rancangan kerja yang sudah terperinci dan juga sistematis maka dari itu dibuatlah sebuah proposal. Ada berbagai macam bentuk dari proposal, diantaranya adalah proposal penelitian ilmiah sederhana atau proposal kegiatan ilmiah sederhana yang berisi usulan kegiatan yang berisikan rancangan kerja dan didalamnya berisi langkah-langkah yang bertujuan untuk dilakukannya kegiatan ilmiah secara sederhana. Seperti : proposal pengamatan, proposal mengadakan diskusi ilmiah, proposal studi kepustakaan dan proposal penelitian sederhana.

Sistematika Proposal Penelitian Ilmiah

Dalam membuat proposal tentulah harus disusun secara sistematis sehingga sesuai dengan kriteria standar proposal. Sistematika proposal penelitian atau kegiatan ilmiah sederhana juga didalamnya berbentuk sederhana diantaranya meliputi sebagai berikut :

Sistematika Penulisan Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana

  1. Nama kegiatan Ilmiah (Judul)
    Judul merupakan cerminan dari keseluruhan rencana penelitian yang diadakan, karena merupakan unsur yang paling penting dan sebagai wajah pengenal rencana penelitian tersebut.
  2. Latar Belakang atau Dasar Penelitian
    Didalam latar belakang penelitian memuat alasan-alasan mengapa topik yang dijadikan judul penelitian tersebut diteliti.
  3. Ruang Lingkup Masalah
    Agar lebih jelas hasil pemaparan permasalahan dalam latar belakang dalam pembuatan proposal diuraikan dalam bentuk ruang lingkup atau identifikasi masalah. Dalam identifikasi ini memperlihatkan berbagai macam kemungkinan masalah yang muncul dan dapat diteliti.
  4. Pembatasan Masalah
    Berdasarkan identifikasi maka ditetapkan batasan permasalahan. Pembatas masalah penelitian berupa penetapan lingkup permsalahan dari berbagai masalah yang teridentifikasi sesuai dengan tujuan penelitian.
  5. Teknik atau Metode yang digunakan
    Dalam Teknik atau Metodel Penelitian dijelaska populasi dan sampel penelitian (jika penelitian sampling) dan teknik pengambilan sampelnya. Jika bukan merupakan penelitian sampling atau sensus (populasi) maka dijelaskan siapa informan yang menjadi subjek penelitian. Selanjutnya metode atau teknikpengumpulan data juga dijelaskan dan juga metode analisis data yang akan dipergunakan.
  6. Tujuan dan manfaat Kegiatan
    Pada bagian ini dijelaskan apa saja tujuan kegiatan atau penelitian. Lalu selanjutnya dijelaskan jug jika telah diteliti hasilnya akan bermanfaat untuk apa dan untuk siapa.
  7. Program Kegiatan
    Pada bagian ini, penyusun proposal akan menyjikan jadwal atau pembagian waktu pelaksanaan kerja. Jadwal atau program pelaksanaan kegiatan iniuntuk memberikan gambaran kepada penerima proposal tentang kegiatan sejak dari awal hingga akhir.
  8. Lokasi dan Waktu Kegiatan
    Dalam Proposal juga tentunya dijelaskan kapan dan dimana program kegiatan secara keseluruhan dilakukan dan dilaksanakan.
  9. Biaya Kegiatan
    Pada bagian biaya kegiatan, dijelaskan perincian anggaran dan pemasukan hingga biaya-biaya yang akan dikeluarkan dalam melaksanakan kegiatan. Dalam penyusunsannya anggaran diusahakan harus efisien dan juga logis.
  10. Penutup
    Pada bagian penutup, didalamnya berisi penegasan permohonan persetujuan pihak yang berwenang menyetujui, seperti kepala sekolah, harapan-harapan dan ucapan terimakasih. Proposal diakhiridengan penulisan tanggal pengajuan proposal dan tanda tangan penanggung jawab proposal.
Nah, diatas merupakan sistematika penulisan proposal penelitian ilmiah sederhana, dengan adanya sistematika seperti diatas maka dalam penulisan proposal penelitian akan lebih rapi dan tersusun secara rapi sesuai dengan konteks yang berlaku.

Sistematika Penulisan Proposal Penelitian Ilmiah Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin