Kumpulan Informasi Teknologi Terbaru 2014-2015

Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru - Kontemporer

Pengertian Puisi Lama - Puisi Baru dan Puisi Kontemporer - Sampai saat ini pengertian puisi belumlah memiliki makna yang baku. Namun puisi dapat diartikan sebagai salahsatu bentuk atau hasil karya sastra yang memiliki perbedaan dengan karya sastra bentuk lainnya seperti karya sastra drama ataupun prosa. Puisi memiliki ciri yang diantaranya : Terikat oleh baris pada setiap baitnya, banyaknya suku kata pada setiap bait pada puisi, dan juga memiliki rima dan irama. Pada jenis puisi lama memiliki keterikatan pada persajakan seperti a-a-a-a atau a-b-a-b diantaranya bisa dilihat pada artikel sebelumnya tentang contoh puisi lama.

Pengertian Puisi - Dengan semakin berkembangnya jenis puisi ini, sekarang puisi tidak lagi harus mematuhi persyaratan atau keterikatan tertentu yang harus ditaati dalam puisi. Namun puisi sekarang ini lebih di artikan sebagai bentuk ekspresi dari pikiran setiap orang dan perasaan seseorang yang dituangkan dalam kata-kata yang sudah dipilih dan didalmnya mewakili berbagai macam ungkapan makna sehingga setiap orang memiliki tanggapan khusus, penafsiran beragam, dan juga keindahan dalam puisi. Atau dalam pengertian bebas lainnya puisi juga disebut dengan ucapan atau ekspresi secara tidak langsung atau ucapan pada inti permasalahan, peristiwa ataupun juga narasi. (Pradopo, 2005:314).

Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru - Puisi Kontemporer
Dalam puisi penataan kalimat dan juga pemilihan kata memiliki tujuan untuk mengungkapkan perasaan dan juga pengalaman yang utuh. Sehingga didalam puisi terdapat kepadatan, keselarasan, dan juga keterpaduan. Bentuk puisi yang hanya beberapa baris saja bisa saja memiliki nilai lebih daripada sajak yang memiliki bentuk yang panjang namun tidak memiliki keutuhan dan juga keselarasan. Ketahui bagaimana cara membaca puisi dengan intonasi tepat disini.

Pada puisi modern, bentuk fisik dan tipografi tidaklah terlalu dianggap penting, bahkan sebuah uraian dapat disebut dengan puisi meskipun memiliki bentuk mirip dengan prosa tidak berbentuk baris dan juga bait tetapi uraian tersebut memiliki makna yang dalam dari bahasa yang diungkapkan didalamnya.

Pengertian Puisi Lama dan Ciri-Ciri

Puisi lama adalah puisi yang memiliki keterikatan oleh aturan-aturan yang ada.
Ciri-ciri puisi lama atau aturan pada puisi lama diantaranya :
  • Jumlah kata dalam setiap baris
  • Jumlah baris dalam setiap bait
  • Persajakan atau rima
  • Jumlah suku kata dalam setiap baris
  • dan Irama

Puisi lama merupakan puisi rakyat yang tidak diketahui nama pengarangnya, selain itu puisi jenis ini disampaikan dari mulut ke mulut sehingga merupakan sastra lisan, dan juga memiliki keterikatan yang kuat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris pada setiap bait, jumlah suku kata, rima dan irama.

Untuk mengetahui Jenis Puisi Lama dan contohnya silahkan bisa dilihat disini.

Pengertian Puisi Baru dan Ciri-Ciri

Puisi baru adalah puisi yang memiliki bentuk yang lebih bebas daripada pusis lama baik dalam bentuk jumlah baris, suku kata dan juga rima.

Ciri-Ciri Puisi Baru :
  • Memiliki bentuk yang rapi atau dapat dikatakan simetris.
  • Memiliki persajakan akhir (teratur)
  • Banyak menggunakan pola sajak pantun dan juga syair meskipun ada juga pola yang lain
  • Pada setiap barisnya ada sebuah kesatuan sintaksis atau gatra.
  • Setiap gatra terdiri dari dua kata (sebagian besar) : empat-lima suku kata.

Pengertian Puisi Kontemporer dan Ciri-Ciri

Puisi Kontemporer memiliki makna masa kini yaitu sesuai dengan perkembangan zaman dan selalu menyesuaikan dengan perkembangan masa. Selain daripada itu puisi kontemporer juga dapat diartikan sebagai puisi yang lahir dalam kurun waktu terakhir. Puisi jenis ini berusaha keluar dari ikatan-ikatan konvensional dari puisi. Puisi kontemporer ini seringkali kurang memperhatikan pola santun bahasa, menggunakan kata-kata yang kasar, ejekan dan sebagainya. Pemakaian kata yang memiliki lambang intuisi atau kata-kata simbolik, gaya bahasa, rima dan sebagainya dianggap merupakan sesuatu yang tidak begitu penting.

Sekian artikel tentang pengertian puisi lama, pengertian puisi baru dan juga pengertian puisi kontemporer. Semoga artikel tentang puisi ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru - Kontemporer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin